PROSEDUR
PENGELOLAAN KELAS
RASIONAL
- PENGELOLAAN KELAS MENARIK BAGI SETIAP GURU.
- MEMERLUKAN PENGALAMAN, KEPRIBADIAN, SIKAP, NILAI.
- ADA SENI DARI GURU DALAM MELAKSANAKAN PK.
- GURU SEBAGAI KUNCI HARUS PROFESIONAL SHG .. TAHU PROSEDUR..
PENGERTIAN PK
KEGIATAN YANG MENUNJUK KEPADA KEGIATAN-KEGIATAN YANG MENCIPTAKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONDISI YANG OPTIMAL BAGI TERJADINYA PROSES PEMBELAJARAN
PENGERTIAN PPK
Langkah-langkah kegiatan yang dilaksanakan bagi terciptanya kondisi optimal serta mempertahankan kondisi optimal tersebut agar supaya proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
TINDAKAN PENGELOLAAN
- PREVENTIF (PENCEGAHAN)
- KOREKTIF
v SETELAH KEJADIAN (KURATIF)
pPK
- MELETAKAN DASAR KONDISI LINGKUNGAN YANG MEMUNGKINKAN BERLANGSUNGNYA SISWA BELAJAR.
- mEMERLUKAN PERENCANAAN DAN PERTIMBANGAN MASAK.
- KURATIF SBG KUNCI SHG HARUS STRATEGIS, SANGAT MENDASAR, SHG EFEKTIF DAN EFISIEN UTK JANGKA PENDEK/PANJANG.
PPK DIMENSI PENCEGAHAN
- PENINGKATAN KESADARAN DIRI GURU
- PENINGKATAN KESADARAN SISWA
- SIKAP POLOS DAN TULUS DARI GURU
- MENGENAL DAN MENEMUKAN ALTERNATIF PENGELOLAAN
- MEMBUAT “KONTRAK SOSIAL”
ppk DIMENSI KURATIF
- IDENTIFIKASI SISWA YANG MENYIMPANG
- RENCANA DAN LANGKAH-LANGKAH PENANGGULANGAN
- WAKTU PERTEMUAN DENGAN SISWA (SEBAGAI BUKTI KESADARAN, AWAL /MOTIVASI MENUJU KEBAIKAN, PENEMPATAN HARGA DIRI)
- sOSIALISAI MAKSUD, TUJUAN, MANFAAT PERTEMUAN.
- mENYADARKAN UNTUK KEBERSAMAAN DENGAN MENYAMPAIKAN KEKURANGAN MASING-MASING.
- mEMBAWA KEPADA MASALAH YANG SEBENARNYA, MENYAMPAIKAN PENYIMPANGAN YANG TERJADI DENGAN CARA YANG “BAIK”.
- kEGAGALAN KONDISI (TIDAK RESPONSIF) PERTEMUAN DISIKAPI UNTUK PERJAJNJIAN PERTEMUAN WAKTU LAIN YANG COCOK.
- pERTEMUAN HARUS TERJADI DAN BERAKHIR KEPADA PEMECAHAN MASALAH DAN KONTRAK INDIVIDU YANG DAPAT DITERIMA.
- tINDAK LANJUT – MONITORING – FEEDBACK.
pENYEDERHANAAN PPK DIMENSI KURATIF
- IDENTIFIKASI MASALAH
- ANALISIS MASALAH
- PEMECAHAN MASALAH DAN PEMILIHAN ALTERNATIF PEMECAHAN
- MONITORING DAN FEEDBACK
RANCANGAN
PROSEDUR PENGELOLAAN KELAS
INGAT :
v PENGELOLAAN KELAS (pk)
v PROSEDUR pk
- PP DIMENSI PENCEGAHAN (PREVENTION)
- pp DIMENSI PENYEMBUHAN (KURATIF)
v RANCANGAN PROSEDUR PK (rppk)
v pENGERTIAN rppk
- SERANGKAIAN KEGIATAN YANG DISUSUN SECARA SISTEMATIS BERDASARKAN PEMIKIRAN YANG RASIONAL UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU.
- SERANGKAIAN KEGIATAN TENTANG LANGKAH-2 PK YG DISUSUN SECARA SISTEMATIS BERDASARKAN PEMIKIRAN RASIONAL, UTK MENCIPTAKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONDISI LINGKUNGAN YANG OPTIMAL DAN MENDUKUNG PEMBELAJARAN.
v LIHAT DIAGRAM 1 HAL. 123
v FAKTOR PENENTU PEMBUATAN RANCANGAN
- PAHAMI TUJUAN & HAKEKAT pk
- PAHAMI BETUL HAKEKAT ANAK DIDIK
- PAHAMI BETUL PENDEKATAN-2 PK
- MAMPU DAN TERAMPIL MEMBUAT Rppk
- LIHAT DIAGRAM HAL-125
- KEMAMPUAN & KETERAMPILAN GURU DLM MELAKSANAKAN RANCANGAN
- SIKAP
- TINGKAH LAKU
- KEPRIBADIAN
- KEMAMUAN BERINTERAKSI
v LANGKAH-2 RANCANGAN
- INDENTIFIKASI MASALAH
- ANALISIS MASALAH
- PENENTUAN, PEMILIHAN, PELAKSANAN ALTERNATIF PEMECAHAN
- MONITORING PELAKSANAAN
- MENENTUKAN DAN MENGGUNAKAN FEET-BACK
- LIHAT DIAGRAM 3 HAL-127
v URAIAN LANGKAH-2
- HAKEKAT, KONSEP, TUJUAN PK
- PREVENTIF APA KURATIF
- HAKEKAT ANAK TERKAIT DGN PENYIMPANGAN TINGKAH LAKU
- MASALAH INDIVIDUAL APA KELOMPOK
- PENJABARAN LANGKAH-2 (sda)
- MELAKSANAKAN RENCANA TERSUSUN
- MELAKSANAKAN MONITORING
- DAPATKAN FEET-BACK DARI HASIL MONITORING UNTUK MENYUSUN LANGKAH-2 SELANJUTNYA.
0 komentar:
Posting Komentar