Minggu, 30 Januari 2011

PENGELOLAAN KELAS

PROSEDUR

PENGELOLAAN KELAS



RASIONAL


  • PENGELOLAAN KELAS MENARIK BAGI SETIAP GURU.
  • MEMERLUKAN PENGALAMAN, KEPRIBADIAN, SIKAP, NILAI.
  • ADA SENI DARI GURU DALAM MELAKSANAKAN PK.
  • GURU SEBAGAI KUNCI HARUS PROFESIONAL SHG .. TAHU PROSEDUR..

PENGERTIAN PK


KEGIATAN YANG MENUNJUK KEPADA KEGIATAN-KEGIATAN YANG MENCIPTAKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONDISI YANG OPTIMAL BAGI TERJADINYA PROSES PEMBELAJARAN

PENGERTIAN PPK


Langkah-langkah kegiatan yang dilaksanakan bagi terciptanya kondisi optimal serta mempertahankan kondisi optimal tersebut agar supaya proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

TINDAKAN PENGELOLAAN

  • PREVENTIF (PENCEGAHAN)
PENGURANGAN ATAU PENGHINDARAN MASALAH PENGELOLAAN
  • KOREKTIF
v  SAAT KEJADIAN
v  SETELAH KEJADIAN (KURATIF)

pPK

  • MELETAKAN DASAR KONDISI LINGKUNGAN YANG MEMUNGKINKAN BERLANGSUNGNYA SISWA BELAJAR.
  • mEMERLUKAN PERENCANAAN DAN PERTIMBANGAN MASAK.
  • KURATIF SBG KUNCI SHG HARUS STRATEGIS, SANGAT MENDASAR, SHG EFEKTIF DAN EFISIEN UTK JANGKA PENDEK/PANJANG.

PPK DIMENSI PENCEGAHAN
  • PENINGKATAN KESADARAN DIRI GURU
  • PENINGKATAN KESADARAN SISWA
  • SIKAP POLOS DAN TULUS DARI GURU
  • MENGENAL DAN MENEMUKAN ALTERNATIF PENGELOLAAN
  • MEMBUAT “KONTRAK SOSIAL”


ppk DIMENSI KURATIF

  • IDENTIFIKASI SISWA YANG MENYIMPANG
  • RENCANA DAN LANGKAH-LANGKAH PENANGGULANGAN
  • WAKTU PERTEMUAN DENGAN SISWA (SEBAGAI BUKTI KESADARAN, AWAL /MOTIVASI MENUJU KEBAIKAN, PENEMPATAN HARGA DIRI)
  • sOSIALISAI MAKSUD, TUJUAN, MANFAAT PERTEMUAN.
  • mENYADARKAN UNTUK KEBERSAMAAN DENGAN MENYAMPAIKAN KEKURANGAN MASING-MASING.
  • mEMBAWA KEPADA MASALAH YANG SEBENARNYA, MENYAMPAIKAN PENYIMPANGAN YANG TERJADI DENGAN CARA YANG “BAIK”.
  • kEGAGALAN KONDISI (TIDAK RESPONSIF) PERTEMUAN DISIKAPI UNTUK PERJAJNJIAN PERTEMUAN WAKTU LAIN YANG COCOK.
  • pERTEMUAN HARUS TERJADI DAN BERAKHIR KEPADA PEMECAHAN MASALAH DAN KONTRAK INDIVIDU YANG DAPAT DITERIMA.
  • tINDAK LANJUT – MONITORING – FEEDBACK.

pENYEDERHANAAN PPK DIMENSI KURATIF

  • IDENTIFIKASI MASALAH
(INGAT JENIS, INDIVIDU, KELOMPOK, DST)
  • ANALISIS MASALAH
(LATAR BELAKANG, SUMBER, BARU PENANGGULANGAN)
  • PEMECAHAN MASALAH DAN PEMILIHAN ALTERNATIF PEMECAHAN
(PERTIMBANGAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI TINDAKAN)
  • MONITORING DAN FEEDBACK
(PENGAMANAN HASIL PILIHAN PEMECAHAN MASALAH)



RANCANGAN
PROSEDUR PENGELOLAAN KELAS

INGAT :

v  PENGELOLAAN KELAS (pk)
v  PROSEDUR pk
  • PP DIMENSI PENCEGAHAN (PREVENTION)
  • pp DIMENSI PENYEMBUHAN (KURATIF)
v  PENGERTIAN PROSEDUR PK
v  RANCANGAN PROSEDUR PK (rppk)

pENGERTIAN rppk

  • SERANGKAIAN KEGIATAN YANG DISUSUN SECARA SISTEMATIS BERDASARKAN PEMIKIRAN YANG RASIONAL UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU.
  • SERANGKAIAN KEGIATAN TENTANG LANGKAH-2 PK YG DISUSUN SECARA SISTEMATIS BERDASARKAN PEMIKIRAN RASIONAL, UTK MENCIPTAKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONDISI LINGKUNGAN  YANG OPTIMAL DAN MENDUKUNG PEMBELAJARAN.

v  LIHAT DIAGRAM 1 HAL. 123

v    FAKTOR PENENTU PEMBUATAN RANCANGAN
  • PAHAMI TUJUAN & HAKEKAT pk
  • PAHAMI BETUL HAKEKAT ANAK DIDIK
  • PAHAMI BETUL PENDEKATAN-2 PK
  • MAMPU DAN TERAMPIL MEMBUAT Rppk
  • LIHAT DIAGRAM HAL-125
v    PADA AKHIRNYA YANG PENTING ADALAH PERAN GURU

  • KEMAMPUAN & KETERAMPILAN GURU DLM MELAKSANAKAN RANCANGAN
  • SIKAP
  • TINGKAH LAKU
  • KEPRIBADIAN
  • KEMAMUAN BERINTERAKSI


v    LANGKAH-2 RANCANGAN
  • INDENTIFIKASI MASALAH
  • ANALISIS MASALAH
  • PENENTUAN, PEMILIHAN, PELAKSANAN ALTERNATIF PEMECAHAN
  • MONITORING PELAKSANAAN
  • MENENTUKAN DAN MENGGUNAKAN FEET-BACK
  • LIHAT DIAGRAM 3 HAL-127


URAIAN LANGKAH-2

  • HAKEKAT, KONSEP, TUJUAN PK
  • PREVENTIF APA KURATIF
  • HAKEKAT ANAK TERKAIT DGN  PENYIMPANGAN TINGKAH LAKU
  • MASALAH INDIVIDUAL APA KELOMPOK
  • PENJABARAN LANGKAH-2 (sda)
  • MELAKSANAKAN RENCANA TERSUSUN
  • MELAKSANAKAN MONITORING
  • DAPATKAN FEET-BACK DARI HASIL MONITORING UNTUK MENYUSUN LANGKAH-2 SELANJUTNYA.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More